Tips Memilih Jurusan dan Universitas


Kreasi Me - Ya. Lakukan apa yang kita suka. Itu akan lebih baik. Oleh karena itu, perihal memilih jurusan adalah langkah paling awal sebelum memilih universitas. Beberapa hal yang mungkin bisa dipertimbangkan:

1. Pahami Minat dan Kemampuan, tentukan Jurusan
Ini erat terkait dengan cita-cita. Apa yang kita inginkan, mau jadi apa ke depan… Jangan menerima begitu saja pilihan orang lain sekalipun itu orang tua, saudara atau teman. Juga, jangan lah berpikir, memilih jurusan yang gampang biar cepat lulus. Pemikiran itu tak selamanya berdampak dan memberi hasil baik.

Dan tentunya, alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kemampuan akademis. Semisal, kalau minat nya di bidang teknik, maka milikilah pemahaman dasar tentang mata pelajaran hitungan, atau science dengan cukup baik,  dlsbg.  Disamping itu, lewat test semacam try out bisa juga memberi gambaran tentang kesesuaian dengan jurusan yang ingin diambil, dan dengar-dengar dari teman yang ambil kuliah di sini, dia dulu melakukan test khusus untuk penelusuran bakat dan kemampuan sebelum memulai kuliah.

2. Kumpulkan Informasi, tentukan Universitas
Dengan perkembangan teknologi saat ini, mendapatkan informasi bukan hal yang sulit. Gunakan beberapa waktu untuk mencari informasi yang dibutuhkan, universitas mana yang menawarkan jurusan tersebut, dalam rating baguskah atau sedang, bagaimana fasilitasnya, dlsbg. Sumber informasi tak hanya internet, bisa saja orang disekeliling, tempat bimbingan belajar atau bahkan mengunjungi langsung universitas yang ingin dituju.

Untuk PTN jelas prosedurnya, namun untuk PTS mungkin perlu lagi mempertimbangkan mengenai status akreditasi universitas.

3. Tempat & Biaya
Pertimbangan biaya dan tempat memang erat terkait, semisal, di Jakarta biaya hidup tentu lebih mahal dibanding beberapa daerah lainnya di tanah air. Karena tak bisa dipungkiri bahwa alasan finasial sering membuat seseorang terhenti ditengah perjalanan study nya. Namun seperti kata pepatah, dimana ada kemauan disitu ada jalan. Jangan pernah patah semangat, cari informasi beasiswa, keringanan ataupun kerja paruh waktu untuk mencukupi kebutuhan hidup.

4. Prospek Kedepan
Pertimbangan ini juga tak kalah penting.  Apakah jurusan yang dipilih tersebut bisa mengantarkan kita untuk berkarir seperti yang kita idamkan? Untuk mengetahui hal tersebut, banyak lah bertanya, minta nasehat, dan gali sebanyak-banyaknya penjelasan/gambaran tentang jurusan dan universitas diinginkan. Seperti pada akhirnya saya mengetahui, bahwa kuliah kedokteran di Jerman itu ternyata tidak lah lebih mahal dari universitas swasta di tanah air, padahal, perkuliahan kedokteran tersebut diadakan di universitas pemerintah yang tentunya setara dengan universitas negeri di Indonesia.

           Banyak lulusan universitas yang tidak mendapatkan pekerjaan. Dan mungkin, satu strategi dasar yang perlu dipersiapkan sejak dini untuk menghadapi segala persaingan, tak lain adalah “kualitas”. Jangan pernah  tanggung-tanggung untuk mempelajari sesuatu. Semoga dengan segala pertimbangan dan persiapan yang baik, study yang direncakan bisa berhasil. Mari meminimalkan timbulnya kemungkinan masalah (tidak mendapat pekerjaan) di depan dengan membuat pilihan terbaik di hari ini.

Semoga catatan sederhana ini bermanfaat. Sukses selalu.

No comments:

Post a Comment

Wellcom To My Blog