Menkoinfo Berikan Domain .CO.ID Gratis



Kreasi Me - Rudi Antara Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia ( Menkominfo ) berencana mengalokasikan dana sebesar Rp 50 miliar untuk mengadakan satu juta domain web.id. Harapannya, domain sebanyak itu akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan bandwidth internasional.

        Dia menjelaskan, kemungkinan dana Rp 50 miliar tersebut akan masuk ke anggaran Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia ( Komenkominfo ) pada 2016. Satu juta domain .id ini selanjutnya akan dibagikan gratis agar orang - orang mau meninggalkan domain berakhiran .com. "Kalau 2016 nanti kita berikan sejuta domain .id, dananya Rp 50 miliar, coba hitung berapa saving bandwidth-nya kalau yang menggunakan .com pindah ke sini," imbuhnya.

               Soal biaya sendiri , domain .id dibandrol mulai dari Rp 100 ribu untuk domain tingkat dua  berakhiran .co.id, hingga Rp 500 ribu per domain sehingga dana Rp 50 miliar mencukupi. Dalam pandangannya, dana dengan jumlah tersebut bukanlah pemborosan. Justru malah bisa menjadi tahap awal untuk melakukan penghematan yang lebih besar, yaitu dari sisi biaya bandwidth internasional.

               Menurutnya, situs - situs yang menggunakan domain .id. ketika di akses dari Indonesia tidak akan memakai bandwidth internasional. Lain halnya dengan situs berakhiran .com yang ketika di akses dari Tanah Air harus menggunakan bandwidth internasional.

No comments:

Post a Comment

Wellcom To My Blog